Tuesday, January 31, 2017

Queue Simple, Queue Tree dan Mangle



Selamat datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " Queue Simple, Queue Tree dan Mangle ". Pada postingan sebelumnya saya memposting tentang Wireless dan Hotspot, bagi yang belum tau dan hanya ingin sekedar tau atau ingin memahami tentang Wireless dan Hotspot. Bisa lihat link di bawak ini :


Yak langsung saja...



Apa itu Queue ? Queue adalah sebuah fitur atau layanan yang ada di mikrotik yang berfungsi untuk mengatur penggunaan bandwidth seperti membatasi penggunaan bandwidth dan lain - lain.

Karena pada router mikrotik sudah ada fitur queque yang bisa mengatur penggunaan bandwidth. Jadi fitur ini banyak di gunakan oleh orang indonesia, karena indonesia memilki akses internet yang terbatas jadi perlu di manage ( di atur ).

Pada router mikrotik ada 2 jenis Queue, yaitu Queue Simple dan Queue Tree. Nah pertama - tama kita ke Queue Simple..


Queue Simple



Apa sih yang dimaksud Queue Simple itu ? Queue Simple ialah jenis fitur bandwidth management dari mikrotik yang mampu melimit bandwidth ( Download dan Upload ) berdasarkan alamat IP Address. Jadi Queue Simple ini dapat memgatur penggunaan bandwidth pada client ( pengguna ) berdasarkan alamat IP Address. 

Dengan menggunakan fitur Queue Simple kita bisa membatasi data rate Upload client, data rate Download client. Jenis Queue ini sangat cocok untuk digunakan pada jaringan yang skalanya kecil sampai skala menengah.

Queue Simple mempunyai aturan yang bisa dibilang sangat ketat, maksud ketat di sini itu saat antrian proses mulai dari yang paling atas sampai yang paling bawah itu secara teratur tidak secara acak.

Queue Simple ini mengatur aliran packet yang masuk dan keluar secara dua arah ( Bidirectional ). Dan satu antrian proses bisa membatasi trafik dua arah sekaligus ( Download dan Upload ).

Misalkan kita menggunakan Queue Simple dan Queue Tree secara sekaligus, maka Queue Simple akan di proses terlebih dahulu ketimbang Queue Tree. Jadi bisa dibilang Queue Simple lebih di prioritaskan.

Karena Queue Simple mendukung penggunaan PCQ ( Per Connection Queuing ) sehingga mampu membagi penggunaan bandwidth secara merata. Apa itu PCQ ? PCQ adalah fitur yang digunakan untuk mengenali arah arus dan digunakan karena bisa membagi bandwidth secara merata , masif dan adil. PCQ pada mikrotik bisa digunakan bersamaan dengan fitur Queue, baik Queue Simple maupun Queue Tree.

Queue Simple bisa membagi bandwidth secara baik. Dan sesuai namanya yaitu Simple, pengaturannya sangat sederhana dan cenderung statis. Cocok untuk admin yang gak mau ribet dengan traffic control di firewall mangle.

Fungsi Utama Queue Simple

Jadi fungsi utama Queue Simple ialah mengatur penggunaan bandwitdh berdasarkan alamat IP Address secara baik dan merata.

Sekarang lanjut ke Queue Tree...

Queue Tree



Apa itu Queue Tree ? Queue Tree ialah jenis fitur bandwidth management dari mikrotik yang mampu melimit bandwidth secara kompleks. Berbeda dengan Queue Simple yang bisa mengatur bandwidth berdasarkan alamat IP Address, kalau Queue Tree harus mengaktifkan fitur Mangle terlebih dahulu yang ada di menu firewall sehingga admin bisa melakukan membatasi atau memberikan prioritas pada arus lalu lintas.

Queue Tree digunakan untuk membatasi satu arah ( Directional ) koneksi saja, baik itu Upload maupun Download. 

Misalkan kita menggunakan Queue Tree dan Queue Simple secara sekaligus, maka Queue Simple akan di proses terlebih dahulu ketimbang Queue Tree. Jadi bisa dibilang Queue Simple lebih di prioritaskan. Dan Queue Tree itu di nomor duakan setelah Queue Simple.

Queue Tree ini tidak memiliki urutan, jadi setiap antrian akan diproses secara sekaligus. Pengaturan antrian murni berasal dari paket yang di tandai ( Packet Mark ) pada mangle yang ada di menu firewall.

Sama seperti Queue Simple, Queue Tree mendukung penggunaan PCQ ( Per Connection Queuing ) sehingga mampu mambagi bandwitdh secara merata, adil dan baik.

Untuk melakukan konfigurasi Queue Tree, admin butuh pemahaman yang baik pada firewall mangle khusunya tentang traffic control.

Fungsi Utama Queue Tree

Jadi fungsi utama Queue Tree ialah mengatur penggunaan bandwitdh berdasarkan Mange yang ada pada menu firewall secara kompleks , baik , adil dan merata.

Sedikit tambahan tentang Mangle pada mikrotik...


Mangle 



Mangle adalah suatu cara yang digunakan untuk menandai paket data ( Packet Mark ) dan suatu koneksi yang bisa diterapkan pada fitur - fitur mikrotik yang lain. Contohnya pada Queue, routes dan lain - lain. Mange pada mikrotik hanya dapat dipakai pada mikrotik itu sendiri. Dan yang proses pembacaan rule mangle ini dilakukan dari urutan pertama ke bawah.

Mangle mempunyai beberapa jenis penandaan paket ( Packet Mark ) yaitu Packet Mark, Routing Mark dan Connection Mark. Secara default mangle dibagi menjadi beberapa chain, berikut macam - macam chainnya :

~ Chain Input

Chain input digunakan untuk menandai trafik yang masuk menuju ke router mikrotik serta hanya dapat menentukan In ( masuk ) interface saja.

~ Chain Output 

Chain output digunakan untuk menandai trafik yang keluar melewati ke router mikrotik serta hanya dapat menentukan Out ( keluar ) interface saja.

~ Chain Forward

Chain forward digunakan untuk menandai trafik yang keluar masuk melalui ke router mikrotik serta dapat menentukan Out ( keluar ) dan In ( Masuk ) interface.

~ Chain Prerouting

Chain Prerouting digunakan untuk menandai trafik yang masuk melewati ke router mikrotik ( Trafik Download ) serta hanya dapat menentukan Out ( keluar ) interface saja.

~ Chain Postrouting 

Chain Postrouting digunakan untuk menandai trafik yang keluarmelewati ke router mikrotik ( Trafik Upload ) serta hanya dapat menentukan In ( Masuk ) interface saja.

Dengan beberapa chain di atas, kita bisa menandai trafik baik itu browsing, download , upload dan lain - lain.


Sekian dari saya tentang materi Queue Simple , Queue Tree dan Mangle
Semoga bermanfaat
Mohon maaf jika ada kesalahan
Terima Kasih


Previous Post
Next Post

0 komentar: