Tuesday, January 10, 2017

IP Private ( Local )





Selamat Datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " IP Private ( Local ) ". Sebelum saya menjelaskan tentang IP Private, saya sarankan untuk membaca / memahami tentang penjelasan IP Address dan IP Public di link post sebelumnya. Berikut linknya : IP Address dan IP Public. Setelah anda sekiranya sudah mengenal tentang IP Address dan IP Public , sekarang kita lanjut ke materi IP Private.  

Yak langsung saja...
IP Private

Apa sih yang dimaksud IP Private itu ? IP Private adalah sebuah identitas / alamat dari komputer yang bersifat Private / Local dan IP Private ini tidak bisa terhubung ke jaringan internet dan tidak dapat di akses melalui internet  karena bersifat private / local. IP Private / Local biasanya digunakan oleh Kantor , Perusahaan , PT , Rumah dan lain - lain. Karena IP Private ini menggunakan jaringan LAN ( Local Area Network ) yang tidak memerlukan biaya yang mahal. 

Kecuali jika kita ingin agar IP Private kita dapat terhubung ke internet, maka kita harus membutuhkan bantuan sebuah router yang di konfigurasikan NAT ( Network Address Translation ). 

Kenapa router tersebut harus di konfigurasikan NAT ? Agar si IP Private / Local ini yang kita pakai agar bisa terhubung ke jaringan internet dengan menggunakan IP Public yang dipakai oleh si Router yang langsung terhubung ke jaringan internet. Tapi...tapi walaupun si IP Private ini sudah terkoneksi ke jaringan internet tetap saja si IP Private ini tidak bisa di akses langsung oleh jaringan internet.


Jadi ibaratnya si IP Private ini mirip seperti nomor intercom atau telepon yang ada di dalam sebuah kantor / perusahaan yang hanya bisa dipakai ke sesama telepon yang tersambung di jaringan local dalam kantor atau perusahaan tersebut. Nomor telepon local ini tidak bisa digunakan untuk menelpon ke luar ( Maksud keluar di sini seperti Internet ). Jika nomor telepon local ini ingin bisa menelpon keluar, maka di perlukan nomor yang sudah terdaftar ke pihak tertentu seperti Telkom ( Telkom disini seperti penyedia IP Public ) agar pengguna telepon bisa menelpon keluar.

Saat kita ingin mamakai IP Private tidak perlu mendaftar ataupun registrasi ke pihak tertentu, karena penggunaan IP Private sebelumnya telah diatur , distandarkan dan dialokasikan oleh IANA ( Internet Assigned Number Authority ). IANA ini bisa dibilang sebagai lembaga yang mengatur pengalokasian dan penggunaan IP di dunia.

Dalam mengalokasikan IP Private versi 1Pv4 ini, lembaga internasional IANA membagi beberapa segmen atau kelas untuk IP Private untuk IPv4. Berikut pembagiannya :

Kelas A

IP Address yang tersedia pada kelas atau segmen ini dari 10.0.0.0 sampai 10.255.255.255 total IP yang tersedia sekitar 16.777.216 IP

Kelas B

IP Address yang tersedia pada kelas atau segmen ini dari 172.16.0.0 sampai  172.31.255.255 total IP yang tersedia sekitar 1.048576 IP

Kelas C

IP Address yang tersedia pada kelas atau segmen inidari 192.168.0.0 sampai 182.168.255.255 total IP yang tersedia sekitar 65.536 IP  


Kesimpulan

Jadi kesimpulannya adalah IP Private biasanya digunakan untuk jaringan Local seperti LAN ( Local Area Network ) yang areanya tidak terlalu besar. Lalu jika IP Private ingin bisa terhubung ke internet harus memerlukan bantuan sebuah router yang menggunakan NAT untuk translasi IP Private ke IP Public.

Untuk kelebihannya, IP Private ini mempunyai proteksi yang cukup kuat. Sehingga cukup aman dari serangan para tangan jail yang tidak bertanggung jawab. Lalu IP Private tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk menggunakannya.

Setelah kelebihan IP Private juga mempunyai kekurangan, yaitu IP Private ini tidak dapat terkoneksi dengan internet tanpa menggunakan bantuan translasi NAT yang ada pada router.

Ya sekian dari saya tentang materi IP Private ( Local )
Semoga bermanfaat
Mohon maaf jika ada kesalahan
Terima Kasih



Previous Post
Next Post

1 comment: