Saturday, January 21, 2017

Domain dan Hosting




Selamat Datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " Domain dan Hosting ". Pada postingan sebelumnya saya memposting tentang DHCP Server dan DHCP Client, bagi yang belum tau dan hanya ingin sekedar tau atau ingin memahami tentang TCP/IP. Bisa lihat link dibawah ini :


Ya langsung saja..


Kita bahas dulu Domain..


Domain




Apa sih yang dimaksud dengan Domain itu ? Domain adalah Sebuah nama unik yang diberikan oleh DNS Server agar bisa mudah di akses atau dikenali sebagai nama server seperti halnya pada web server dan mail server. Dengan adanya domain ini, pengguna jaringan internet akan mudah mengakses website tanpa harus menghafal IP Address website yang ingin di akses. Karena akan sulit bagi kita pengguna jaringan internet jika harus menghafal banyak IP Address sebuah website. Kenapa sulit menghafal IP Address sebuah website ? Karena kebanyakan orang lebih mudah menghafal nama di bandingkan menghafal angka. Nah karena itulah di buatlah domain agar kita mudah menghafal dan mengakses sebuah website.

Fungsi Domain

Domain mempunyai fungsi utama, yaitu agar kita pengguna jaringan internet tidak perlu menghafal banyak IP Address sebuah website, melainkan hanya memasukkan alamat domain website yang ingin di akses. Domain saat ini lebih dikenal oleh banyak pengguna internet sebagai alamat website atau URL. URL ( Uniform Resouce Locator ) ini bisa dibilang sama fungsinya dengan domain, cuman beda penyebutannya saja.

Domain haruslah membentuk sebuah nama , kalimat ataupun kata dan di akhiri oleh sebuah ekstensi. Ada beberapa ekstensi yang dikenal banyak orang seperti .com, .net, .org dan lain - lain.

Ada juga domain yang mewakili asal negara sebuah website. Contohnya seperti .id untuk negara Indonesia, .jp untuk negara Jepang, .sg untuk negara Singapore dan lain - lain.

Level Domain




Domain itu dibagi menjadi 3 level, yaitu :

1. Top Level Domain 

Top Level Domain merupakan kata yang posisinya ada dipaling kanan dari sebuah domain atau bisa juga dibilang bagian belakang sebuah domain. Contohnya kayak google.com, nah si .com nya inilah yang disebut Top Level Domain. Banyak jenis Top Level Domain yang kita bisa gunakan kayak .com, .net, .org, .edu, .gov dan masih banyak lagi. Nah di dalam Top Level Domain ada 2 macam domain, yaitu :

~ Generic Top Level Domain 

Generic TLD termasuk TLD yang bersifat General. Domain yang termasuk G TLD seperti .com, .edu, .gov, .org, .net .

~ Country Code Top Level Domain

CC TLD yang berdasarkan pada kode sebuah negara. Contohnya di Indonesia memakai .id , Jepang memakai .jp , Singapore memakai .sg dan masih banyak lagi.

2. Second Level Domain

Second Level Domain ini adalah nama domain yang kita daftarkan. Contohnya www.agv.com , nah si si agv ini yang termasuk Second Level Domain. www.agv.com yang saya bold itu Second Level Domain.

3. Third Level Domain / Lower Level Domain

Third Level Domain ini adalah kata yang ada di sebelah kiri Second Level Domain. Contoh www.blog.agv.com , kata blog ini yang disebut Third Level Domain. www.blog.agv.com yang saya bold itu yang sebut Third Level Domain. Third Level Domain ini sering disebut Subdomain oleh banyak orang.



Berikut nama domain serta penjelasannya :

~ .com : Digunakan untuk urusan komersial
~ .info : Digunakan oleh sebuah website yang berisikan informasi.
~ .edu : Digunakan untuk urusan pendidikan.
~ .gov : Digunakan untuk urusan pemerintahan.
~ .org : Digunakan untuk badan organisasi.
~ .tv : Digunakan oleh perusahaan penyiaran televisi
~ .net : Nama domain diperuntukan unuk jaringan.
~ .biz : Domain ini diperuntukkan untuk urusan bisnis.

Dan masih banyak lagi.

Domain di Indonesia

1. sch.id ( School / Sekolah )

Nama domain ini di peruntukkan khusus untuk sekolah yang ada di Indonesia, contohnya SD, SMP, SMA, SMK.

2. go.id ( Pemerintahan )

Nama domain ini untuk dibidang Pemerintah di Indonesia.

3. ac.id ( Academy / Akademi )

Nama domain ini untuk di bidang Akademi di Indonesia. Khusus untuk perguruan tinggi atau universitas.

4. or.id ( Organisasi )

Nama domain ini untuk badan Organisasi yang ada di Indonesia.

5. co.id ( Company )

Nama domain ini untuk bidang Perusahaan yang ada di Indonesia.

6. mil.id ( Militer )

Nama domain ini khusus untuk bidang Militer di Indonesia.

7. biz.id ( Bisnis )

Nama domain ini di peruntukkan untuk Badan Usaha di Indonesia.

Dan masih banyak lagi...

Saat kita ingin memiliki domain ada 2 pilihan, yaitu Paid Domain dan Free Domain.


Nah sekarang kita lanjut ke Hosting.


Hosting



Hosting atau Web Hosting merupakan tempat untuk menyimpan data dari sebuah website. Data - data yang ada di Web Hosting harus punya koneksi internet agar dapat diakses oleh pengguna internet. Data - data yang disimpan pada Hosting bisa berupa Informasi, gambar, video, audio, HTML Website dan lain - lain.

Server Hosting ini pada umumnya Wajib punya kecepatan internet yang tinggi, karena hal ini berpengaruh saat pengguna internet mengakses website tersebut.

Jenis Hosting


Hosting memiliki beberapa jenis penyewaan dari yang gratis sampai yang berbayar, berikut jenisnya :

Free Hosting

Hosting jenis ini tidak di pungut biaya sepeserpun alias GRATIS dan diberikan secara cuma - cuma oleh penyedia layanan hosting. Karena ini hosting ini gratis, jadi hosting ini punya batasan yang penggunaannya tidak sebagus yang berbayar. Bisa dibilang Free Hosting ini kayak masa Trial, untuk yang pengen punya hosting. Saya sarankan untuk belajar dulu memakai Free Hosting.

Shared Hosting

Shared hosting merupakan layanan hosting yang bersifat Berbagi. Maksud berbagi disini itu berbagi Resource yang ada pada server yang digunakan bersama - sama dengan pengguna yang lain. Banyak yang memakai hosting jenis ini, karena murah dan kualitas yang bisa dibilang lumayan.

Dedicated Hosting

Dedicated Hosting merupakan layanan hosting yang digunakan pribadi. Karena kita diberikan sebuah server fisik yang khusus digunakan oleh kita sendiri jadi gak ada tuh yang namanya bagi - bagi resource. Layanan hosting jenis ini termasuk Mahal, untuk resourcenya sendiri sudah bagus. Bagi pengguna layanan hosting ini diberikan Full Access oleh penyedia layanan.

VPS ( Virtual Private Server ) Hosting

VPS Hosting ini dasarnya dari 1 Server Fisik yang memiliki resource yang bagus, nah si server fisik ini di bagi menjadi beberapa VPS yang nantinya disewakan ke orang - orang. Saat kita ingin menyewa hosting jenis ini kita diberi spesifikasi resource dari keinginan kita sendiri atau resouce yang sudah dipaketkan dari penyedia. Harga layanan hosting ini bisa dibilang lumayan mahal.


Ya...cukup sampai disini...

Sekian dari saya tentang materi Domain dan Hosting
Mohon maaf jika ada kesalahan
Terima Kasih



Previous Post
Next Post

0 komentar: