Wednesday, January 18, 2017

TCP/IP



Selamat Datang diblog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " TCP/IP ". Pada postingan sebelumnya saya memposting tentang VPN, VPS, dan Tunnel, bagi yang belum tau dan hanya ingin sekedar tau atau ingin memahami tentang VPN, VPS, dan Tunnel. Bisa lihat link dibawah ini :



Ya langsung saja..

TCP/IP

Apa sih yang dimaksud dengan TCP/IP ? TCP/IP adalah Standar komunikasi data yang digunakan oleh jaringan internet dalam proses pengiriman data dari satu komputer ke komputer lain yang ada di dalam jaringan internet. TCP/IP merupakan kependekan dari Transmission Control Protocol / Internet Protocol 

Protocol ini bukanlah protocol yang dapat berdiri sendiri, karena protocol ini merupakan kumpulan beberapa protocol ( Protocol Suite ). Saat ini protocol TCP/IP paling banyak dipakai. TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan yang bersifat terbuka terdahap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan dimana saja.

TCP/IP mempunyai beberapa layer yang berisikan beberapa protocol, yaitu :



Berikut penjelasannya..

1. Application Layer

Layer ini bertugas untuk melayani permintaan data atau service, aplikasi yang ada di layer ini akan menunggu di portnya masing - masing pada suatu antrian untuk memproses request. Pada layer ini ada beberapa aplikasi dan protocol yang bekerja, yaitu :

~ Network Terminal Protocol ( Telnet )

Protocol ini menyediakan remote login ke dalam jaringan.

~ File Transfer Protocol ( FTP )

Protocol ini digunakan untuk file transfer.

~ Simple Mail Transfer Protocol ( SMTP )

Protocol ini digunakan untuk mengirim email.

~ Domain Name System ( DNS )

Aplikasi ini digunakan untuk mengubah IP Addres ke domain name atau juga bisa sebaliknya.

~ Post Office Protocol v3 ( POP3 )

Sama seperti SMTP, protocol ini digunakan untuk mengirim email.

~ Network File System ( NFS )

Aplikasi ini pakai untuk sharing file dalam satu jaringan.

~ Hypertext Transfer Protocol ( HTTP )

protocol ini digunakan untuk web browsing.

~ Hipertext Transfer Protocol Secure ( HTTPS )

Mirip seperti HTTP , tapi protocol ini lebih aman dibandingkan HTTP.

~ Internet Mail Appliaction Protocol ( IMAP )

Protocol ini digunakan untuk mengirim email.


2. Tranport Layer

Pada transport layer, layer ini bertanggung jawab untuk menyampaikan data ke proses aplikasi yang sesuai. Proses pengiriman data yang dilakukan oleh Transport Layer ini menggunakan metode multiplexing statistik data ke beberapa proses aplikasi yang berbeda, yaitu dengan cara membentuk paket data dan nomor port yang dituju dalam header setiap paket data yang ada di Transport layer.

Yang saya tahu transport layer terdiri dari 2 macan protocol, yaitu :

~ Transmission Control Protocol ( TCP )

TCP di optimalkan untuk lebih bagus dalam hal komunikasi bukan pada kecepatan. TCP memberikan jaminan terhadap pesan - pesan yang dikirimkan dari satu komputer ke keomputer lain. Aplikasi yang menggunakan TCP adalah HTTP, HTTPS, SMTP, POP3, IMAP, FTP, Telnet dan lain - lain.

~ User Datagram Protocol ( UDP )

Dengan UDP, aplikasi komputer dapat mengirimkan pesan ke komputer lain dalam jaringan lain tanpa melakukan komunikasi awal. Jadi saat kita menggunakan protocol UDP , paket data yang akan dikirimkan tidak harus dilakukan dengan negosiasi antara dua host yang hendak bertukar informasi. Protocol UDP menyediakan proses checksum 16 bit terhadap semua paket data UDP untuk menjaga integritas data. Protocol UDP ini cocok untuk pengiriman paket data yang lebih diutamakan kecepatan. Contoh aplikasi yang menggunakan protocol ini adalah audio streaming atau video streaming,  

3. Internet Layer

Pada layer internet ada beberapa protocol yang mempunyai tanggung jawab dalam pengalamatan dan enkapsulasi paket data dalan jaringan. Pada internet layer ada beberapa protocol, yaitu :

~ IP Address

IP Address adalah sebuah identitas atau alamat dari komputer yang berfungsi untuk bisa saling terhubung satu sama lain saat berada dalam satu jaringan komputer.

~ ARP  ( Address Resolution Protocol )

ARP merupakan protocol yang berfungsi untuk mencari tahu MAC Address atau alamat hardware dari suatu host yang ada di dalam sebuah jaringan dengan memanfaatkan IP Address yang terkonfigurasi pada host.

~ ICMP ( Internet Control Message Protocol ) 

ICMP merupakan protocol yang dipakai dalam internet layer, ICMP digunakan untuk keperluan analisa jaringan. ICMP juga digunakan untuk memberikan pesan error jika ada layanan yang kita minta tidak ada, atau komputer kita atau router kita tidak bisa mencapai

~ IGMP ( Internet Group Management )

IGMP merupakan protocol yang berada di TCP/IP, yang digunakan untuk menginformasikan tentang keberadaan group - group jaringan multicast.

4. Network Access Layer

Network Access layer adalah gabungan dari Data Link , Physical layer dan Network. Network layer ini menyediakan media bagi sistem untuk mengirimkan paket data ke device lain yang terhubung secara langsung.


Ya saya sudahi sampai sini saja.


Sekian dari saya tentang materi TCP/IP
Mohon maaf jika ada kesalahan
Terima Kasih


Previous Post
Next Post

0 komentar: