Monday, January 16, 2017

Web Server dan Proxy Server




Selamat Datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas " Web Server dan Proxy Server ". Pada postingan sebelumnya tentang Mail Server , bagi yang belum tau dan hanya ingin sekedar tau atau ingin memahami tentang Mail Server. Bisa lihat link di bawah ini :



Pertama - tama kita bahas dulu Web Server


Web Server

Apa sih yang dimaksud dengan Web Server itu ? Web Server adalah sebuah software di dalam server yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan berupa Halaman Website yang melalui Protocol HTTP dan HTTPS dari client yang biasa dikenal dengan nama browser ( Chrome Browser , Mozilla Firefox , UC Browser dan lain lain ), lalu dikirimkan kembali hasil permintaan tersebut ke dalam bentuk halaman - halaman web yang pada umumnya berbentuk dalam format HTML ( Hyper Text Markup Language ). Data yang dikirim biasanya seperti Teks , video , gambar , audio , file dan lain - lain.

Apa itu HTTP dan HTTPS


1. HTTP

HTTP ( Hypertext Transfer Protocol ) adalah Protocol yang mengatur komunikasi antar Client dan Server. Yang menjadi client biasanya adalah Web Browser atau device yang bisa mengakses, menerima , mengirim dan menampilkan konten Website.

2. HTTPS

HTTPS ( Hypertext Transfer Protocol Secure ) adalah Protocol yang mengatur komunikasi Client dan Server.  Yang menjadi client biasanya adalah Web Browser atau device yang bisa mengakes, menerima , mengirim dan menampilkan konten Website. Bedanya dengan HTTP ialah hanya di tingkat keamanannya saja. Bisa dibilang Website yang mempunyai Protocol HTTPS lebih aman ketimbang Website yang menggunakan Protocol HTTP.

Jadi protocol HTTP tidak menjamin keamanan data yang dikirimkan antara Client dengan Server. Sementara HTTPS menjamin keamanan data saat data dikirimkan. Dalam keamanan data , HTTPS mempunyai 3 Aspek. Yaitu :

1. Authentication Server

Karena adanya autentikasi server , client yakin sepenuhnya bahwa ia sedang berkomunikasi dengan Server yang dituju.

2 Integritas Data

Data yang sedang dikirimkan tidak dapat di ubah oleh orang lain. Karena akan di validasi oleh Message Authentication Code ( MAC )

3. Kerahasiaan Data

Data yang dikirimkan melalui Protocol HTTPS ini di enkripsi , jadi data yang dikirim tidak dapat dipahami oleh orang lain.

Protocol HTTP menggunakan port 80 dan Protocol HTTPS menggunakan port 443

Untuk Web Server yang menggunakan protocol HTTPS, si server di haruskan mempunyai Sertifikat SSL. Apa itu SSL ? SSL ( Secure Socket Layers ) adalah teknologi keamanan yang memukingkan kita untuk melakukan enkripsi data yang akan dikirimkan antara Client dan Server.  


Fungsi Web Server

Web Server mempunyai fungsi utama , yaitu untuk mengirim data yang di minta oleh client melalui Protocol yang telah ditentukan seperti HTTP dan HTTPS. Halaman Website yang diminta biasanya terdiri dari Teks , video , audio , gambar , file dan lain - lain.


Nah sekarang lanjut ke Proxy Server


Proxy Server

Apa sih yang dimaksud dengan Proxy Server itu ? Proxy Server adalah sebuah software yang berada di dalam server yang bertindak dalam melakukan request terhadap content yang ada di internet. Proxy server ini seperti Gateway menuju ke Internet untuk setiap client. 

Proxy Server ini tidak dapat terlihat oleh client. Jadi saat client yang sedang menggunakan internet akan melalui sebuah Proxy Server , si client ini tidak tahu bahwa Proxy Server sedang manangani permintaan yang dilakukannya. Saat Web Server menerima permintaan dari Proxy Server, si web server ini mengira permintaan ini langsung datang dari client , bukan dari si proxy server.  

Fungsi Utama Proxy Server

Proxy Server mempunyai 3 fungsi utama , yaitu :

1. Connection Sharing

Karena proxy server bertindak sebagai gateway yang manjadi batas antara jaringan local dan jaringan internet. Gateway juga bertindak sebagai titik dimana koneksi dari client local akan terkoneksi dengan proxy server dan jaringan internet juga terhubung ke proxy server. Jadi koneksi dari jaringan local ke jaringan internet akan menggunakan sambungan yang dimiliki oleh si gateway secara bersama.

2. Content Filtering

Proxy Server ini bekerja pada layer aplikasi , sehingga berfungsi sebagai filtering yang digunakan untuk melindungi jaringan local terhadap gangguan atau serangan dari jaringan internet. Dapat dikonfigurasikan untuk menolak / tidak mengakses situs web tertentu , seperti situs video porno yang di blokir oleh isp merah.

3. Caching

Proxy Server memiliki media penyimpanan data dari suatu web, query atau pemintaan akses dari client. Jadi misalnya ada permintaan dari client untuk mengakses website dapat lebih cepat jika sudah pernah ada permintaan akses ke website yang pernah dikunjungi sebelumnya. Inilah fungsi proxy server sebagai Caching.

Proxy Server mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan , yaitu :

Keuntungan Proxy Server

Keuntungan Proxy Server sebagai berikut :

1. Keamanan jaringan lebih aman, karena adanya proxy sebagai pembatas antara jaringan local dan jaringan internet.
2. Adanya fitur filtering content.
3. Pengaksesan kembali terhadap website - website yang telah di akses sebelumnya menjadi lebih cepat karena adanya caching.

Kekurangan Proxy Server

Kekurangan Proxy Server sebagai berikut :

1. Saat kita mengakses terhadap situs yang belum pernah kita buka sebelumnya akan menjadi lebih lambat, karena si client harus meminta terlebih dahulu melalui proxy server , setelah itu proxy server baru yang akan meminta request ke web server.
2. Apabila si proxy server telat mengupdate cache , maka si client akan mendapatkan content yang belum diupdate ketika meminta content tersebut.


Jadi kesimpulannya , Web Server itu seperti penyedia content dan sedangkan si Proxy Server seperti sistem keamanannya.


Ya sekian dari saya tentang materi Web Server dan Proxy Server
Mohon maaf jika ada kesalahan
Terima kasih


Previous Post
Next Post

0 komentar: