Tuesday, January 24, 2017

Telnet dan SSH




Selamat Datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " Telnet dan SSH ". Pada postingan sebelumnya saya memposting tentang FTP dan SFTP, bagi yang belum tau dan hanya ingin sekedar tau atau ingin memahami. Bisa lihat link di bawah ini :


Ya langsung saja...
Kita bahas Telnet terlebih dahulu...


Telnet ( Telecommunications Network Protocol )


Apa sih yang dimaksud dengan Telnet itu ? Telnet merupakan kependekan dari Telecommunications Network Protocol. Telnet ini sebuah protocol yang di aplikasikan yang mempunyai fungsi agar clientnya dapat melakukan remote dari jarak jauh ke komputer lain. 

Bisa dibilang Telnet memberikan layanan remote login kepada clientnya meskipun jaraknya jauh. Tapi untuk melakukan remote, client harus terhubung ke dalam jaringan internet agar si client itu bisa mendapatkan akses komputer jarak jauh melalui jaringan internet. Port yang digunakan telnet adalah port 23.

Fungsi Telnet

Fungsi utama telnet ini ialah memberikan kemudahan ke clientnya dengan layanan remote login lewat jaringan internet yang memungkinkan client bisa mengakses komputer lain walaupun jaraknya itu jauh. Telnet juga bisa membuah si client login menjadi admin atau user dan bisa menjalankan program yang ada di komputer yang sedang di remote.

Kelebihan dan Kekurangan Telnet

Namanya juga buatan manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut kelebihan dan kekurangan telnet 

Kelebihan

Dapat melakukan remote jadi bisa memudahkan client untuk mengakses komputer dari jarak jauh. Jadi si client ini seolah - olah bisa mengeksekusi perintah pada command line pada komputer yang di temote oleh client.

Kekurangan

Tadi saya sudah ngasih tau kelebihannya, sekarang kekurangannya. Kekurangan Telnet ialah pada keamanan datanya kurang bagus yang tanpa adanya metode enkripsi data sehingga dapat memudahkan para pencuri data melalukan pencurian.

Ya itu sekian dari Telnet, sekarang lanjut ke SSH.


SSH ( Secure Shell )


Apa sih yang dimaksud SSH itu ? SSH merupakan kependekan dari Secure Shell. SSH merupakan sebuah protocol yang memungkinkan client malakukan kendari jarak jauh atau biasa disebut dengan remote secara aman. Saat proses komunikasi data pada jaringan komputer , si SSH ini akan mengenkripsi data yang lewat jadi mencegah orang yang ingin mencurinya. Metode enkripsi pada SSH ini untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data saat dikirim. SSH ini dibuat untuk pengganti Telnet, karena Telnet saat proses pengiriman datanya tidak menggunakan metode Enkripsi. Ekripsi yang disediakan oleh SSH menjamin kerahasiaan dan keutuhan data saat melewati jaringan yang tidak aman seperti jaringan internet.

SSH banyak digunakan pada operasi sistem berbasis linux. Kesimpulannya SSH itu sebagai protocol pengganti protocol remote yang lainnya seperti Telnet dan lain - lain. Dengan kita menggunakan SSH, data kita akan di enkripsi sehingga SSH ini bisa dibilang lebih aman dari protokol remote lainnya.

Fungsi SSH

SSH mempunyai beberapa fungsi, selain menggantikan Telnet dan lain - lain dalam melakukan remote. Salah satu fungsinya adalah untuk menjamin keamanan , kerahasiaan dan keutuhan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan komputer. SSH ini sebenarnya di buat untuk menggantikan protocol sebelumnnya seperti Telnet dan lain - lain yang dianggap rentan terhadap pencurian data. 

Fungsi SSH :

~ Melakukan enkripsi data saat dikirimkan.
~ Protocol untuk transmisi data dalam jaringan.
~ Dapat melakukan autentikasi untuk memastikan si pengirim dan penerima adalah benar dan aman.
~ Kerahasiaan dan keutuhan data, jadi SSH ini bisa menjamin keutuhan dan kerahasiaan data yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima.

Selain melakukan enskripsi data, SSH ini mempunyai kemampuan yang cukup tinggi untuk melakukan Port Forwarding yang dimana seorang client bisa melakukan koneksi aplikasi TCP seperti Web Server, Mail Server, FTP Server dengan lebih aman.

Lalu dengan kita menggunakan SSH kita bisa melakukan koneksi dengan membypass atau melewati proxy atau firewall.

SSH ini bisa dibilang sebagai layanan serbaguna yang dirancang untuk melakukan banyak hal, yang kebanyakan berupa penciptaan Tunner antar host.


Ya sekian dari saya tentang materi Telnet dan SSH
Mohon maaf apabila ada kesalahan
Terima Kasih






Previous Post
Next Post

0 komentar: