Wednesday, April 26, 2017

Cara Menghubungkan Router Mikrotik ke Internet ( CLI / Terminal )


Selamat Datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " Cara menhubungkan Router Mikrotik ke Internet dengan cara CLI ( Commande Line Interface ) ". Pada kali ini saya menggunakan Topologi berikut 


Router Mikrotik

- Ether 1 = 172.16.11.106/24
- Ether 2 = 106.106.106.106/24
- DNS = 172.16.11.1

PC Client

IP Address = 106.106.106.107/24
DNS = 172.16.11.1 dan 8.8.8.8

Yak langsung saja ke konfigurasinya..


1. Pertama buka winbox untuk meremote Router Mikrotik nya dengan menggunakan mac address, karena IP Addressnya belum ada.


2. Pertama - tama kita masukkan IP Address, masukkan IP Address untuk Port Ether 1, Ether 1 di sini sebagai Port yang langsung terhubung ke internet ( sumbernya ). Dan Setelah kita memasukkan IP Address untuk Port Ether 1, selanjutnya kita masukkan IP Address untuk Port Ether 2. Ether 2 ini yang terhubung ke PC Client.


3. Sekarang kita lihat daftar ip untuk mengecek apakah IP Address sudah di masukkan atau belum


4. Konfigurasi kan IP Route nya ke Destination IP 0.0.0.0/0 dan masukan gateway yang memiliki sumber internet yaitu 172.16.11.1


5. Cek apakah IP Routeny sudah di masukan atau belum


6.  Sekarang masukan IP DNS nya


7. Setelah itu cek IP DNS nya


8.  Kemudian kita test ping untuk memastikan kalau Router Mikrotiknya sudah terhubung ke internet.


9. Kemudian kita konfigurasikan IP Firewall NAT agar client bisa terhubung ke internet, masukan Chain nya " srcnat " dan Out Interface Ether 1. Kenapa chain nya srcnat ? karena srcnat mempunyai fungsi untuk mengubah source address dari sebuah paket data. Chain ini banyak di pakai ketika kita melakukan akses website dari sebuah jaringan LAN. 

Karena secara aturan untuk IP Private tidak di perbolehkan untuk masuk ke jaringan Internet, jadi perlukanlah  konfigurasi chain srcnat ini. Sehingga IP Private ini bisa terhubung ke internet. Dan kenapa Out Interface nya Ether 1 ? Karena interface Ether 1 langsung terhubung ke internet.

Lalu masukan action Masquerade. Kenapa Masquerade ? Karena Masquerade ini berfungsi untuk menyembunyikan IP Private dan di ganti IP Public yang ada pada router.


10. Lalu cek apakah IP Firewall NAT nya sudah ada atau belum


11. Sekarang pindah ke sisi Client, pastikan IP Client harus satu network dengan IP Router Mikrotik nya. Dan jangan lupa masukan DNS nya juga.


12. Setelah itu buka CMD untuk melakukan test ping, apakah sudah terhubung ke interney atau belum


13. Jika berhasil, coba buka suatu Website dengan menggunakan browser pada PC Client.



Sekian dari saya
Mohon maaf apabila ada kesalahan
Terima Kasih



Previous Post
Next Post

0 komentar: