Monday, January 30, 2017

Wireless dan Hotspot




Selamat datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " Wireless dan Hotspot ". Pada postingan sebelumnya saya memposting tentang Kabel UTP, kabel STP dan susunan kabel straight dan crossover, bagi yang belum tau dan hanya ingin sekedar tau atau ingin memahami tentang Kabel UTP, kabel stp dan susunan kabel straight dan cross over. Bisa lihat link di bawah ini :


Yak langsung saja....


Kita ke wireless dulu...


Wireless



Pada saat ini pemakaian wireless sudah populer, hal ini karena teknologi wireless mempunyai kemampuan yang lebih baik ketimbang teknologi sebelumnya yang menggunakan jaringan kabel. Tapi tetap saja wireless mempunyai kekurangan. 

Jadi apa sih yang dimaksud dengan wireless itu ? Wireless adalah sebuah jaringan komputer yang menggunakan media udara atau gelombang radio sebagai jalur lalu lintas datanya. Wireless juga sering disebut dengan Nirkabel. Wireless sama seperti jaringan komputer pada biasanya, wireless juga berguna untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya pada sebuah jaringan.

Yang membedakan antara Jaringan komputer biasa dengan Wireless ialah media jalur lintas data yang digunakannya, jika jaringan komputer pada biasanya menggunakan media kabel untuk saling terhubung. Nah kalau wireless menggunakan media udata atau gelombang radio.

Kebanyakan Wireless menggunakan frekuensi 2,4 GHz, ada juga yang memakai frekuensi 5,8 GHz dan 24 GHz. Wireless juga mempunyai tipe - tipe network, berikut tipe - tipenya :

~ WPAN ( Wireless Personal Area Network )

WPAN ialah jaringan wireless yang jangkuan areanya kecil. Contoh seperti Infrared , bluetooth dan lain - lain.

~ WLAN ( Wireless Local Area Network )

WLAN atau biasa disebut WiFi ( Wireless Fidelity ) memiliki jangkuan yang lebih luas dibandingkan WPAN. Pada saat ini WLAN mengalami banyak peningkatan di segi kecepatan dan cakupan areanya. Pada awalnya WLAN di buat untuk penggunaan perangkat jaringan local, tapi pada saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses jaringan internet.

~ WMAN ( Wireless Metropolitan Area Network )

WMAN ialah jaringan wireless yang menghubungkan beberapa jaringan WLAN. Contoh jaringan WMAN adalah WiMAX.

~ WWAN ( Wireless Wide Area Network )

WWAN ialah jaringan wireless yang umumnya mengjangkau area yang luas, contohnya menghubungkan kantor pusat dan cabangnya antar provinsi.

~ Cellular Network 

Cellular Network atau mobile network ialah jaringan gelombang radio yang di distribusikan untuk melayani media komunikasi perangkat mobile seperti handphone dan lain - lain. Contoh sistem ialah GSM ( Global System Mobile Communication ). 


Jadi dengan adanya wireless itu kita masih bisa melakukan transmisi data secara tanpa kabel, sehingga lebih memudahkan kita agar tidak perlu memikirkan tentang kabel apa yang di pakai untuk transmisi data. Tapi wireless ini tetap mempunyai kelebihan dan kekurangan, berikut kelebihan dan kekurangannya :

Kelebihan

~ Infastukturnya berdimensi kecil.
~ Pembangunan jaringanya yang cepat.
~ Transfer data mudah dan tidak memerlukan kabel.
~ Mudah untuk dikembangkan
~ Mudah untuk di setup jadi cocok untuk di pasang di kantor ataupun di rumah.

Kekurangan

~ Alat - alatnya yang harganya mahal.
~ Keamanan data yang kurang sehinnga mudah di sadap
~ Terjadinya pending dan delay.
~ Kualitas sinyal tergantung tempat dan cuaca.

Sekarang lanjut ke Hotspot...


Hotspot


Apa sih yang dimaksud dengna hotspot itu ? Hotspot ialah suatu area ataupun tempat yang menyediakan akses ke layanan jaringan internet yang menggunakan teknologi WLAN ( Wireless Local Area Network ). Jadi apabila kita berada di area yang tersedia Hotspot kita bisa terhubung ke jaringan internet dengan cara wireless. Tapi agar kita bisa terhubung ke hotspot kita harus menggunakan Komputer , Laptop , HP ataupun perangkat yang lainnya yang memiliki fitur WiFi sehinnga bisa mengakses internet tanpa kabel.

Komponen Hotspot

Dalam menjalankan hostpot ada beberapa komponen yang dibutuhkan, yaitu :

~ Station bergerak ( Mobile )
~ Access Point
~ Router dan Network Access Controller
~ Koneksi Internet kecepatan tinggi
~ Wireless ISP
~ Penyedia jasa ISP

Fungsi Hotspot

Hotspot berguna agar user bisa terkoneksi ke jaringan internet dengan menggunakan media Wireless dan hotspot juga merupakan area yang berguna untuk pengendali sinyal internet dari ISP yang di forward ke pengguna yang ingin terhubung ke jaringan internet secara wireless.

Dalam menggunakan jaringan hotspot, ada tips sederhana agar kita aman dalam menggunakan hotspot. Berikut tipsnya :

~ Saat kita menggunakan hotspot jangan pernah mengaktifkan file sharing folderpada komputer ataupun laptop, karena kemungkinan orang lain juga dapat mengakses folder atau file yang kita sharing.
~ Matikan juga sharing printer PC atau laptop saat menggunakan hotspot.
~ Aktifkan selalu anti virus dan update selalu dengan versi terbaru.
~ Aktifkan juga firewall pada komputer ataupun laptop.


Sekian dari saya tentang materi Wireless dan Hotspot
Semoga bermanfaat
Mohon jika ada kesalahan
Terima Kasih



Previous Post
Next Post

0 komentar: