Saturday, January 14, 2017

Mail Server




Selamat Datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " Mail Server ". Pada postingan yang saya sudah post sebelumnya tentang memahami DNS Server , bagi yang belum tau dan hanya ingin sekedar tau atau ingin memahami tentang DNS Server. Bisa lihat link postingannya dibawah ini :



Mail Server

Apa sih yang dimaksud Mail Server ini ? Mail Server adalah sebuah server yang mendistribusikan sebuah file , pesan atau informasi sebagai respon atas permintaan yang dikirim melalui email , baik dalam satu jaringan maupun dalam jaringan internet. Selain itu Mail Server juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa ftp.

Mail Server biasanya dikelola oleh orang , yang biasanya disebut Post Master.

Post Master mempunyai tugas , di antara lain :

- Memonitor Kinerja Server
- Mengelola Account
- Dan beberapa tugas administratif lainnya,

Protocol Mail Server

Protocol yang umur digunakan pada Mail Server antara lain POP3 , SMTP dan IMAP. Berikut penjelasannya :

- POP3 ( Post Office Protocol v3 ) dan IMAP ( Internet Mail Application Protocol ) , kedua protocol itu digunakan agar si user dapat mengambil dan membaca email secara remote , yaitu tidak perlu login ke dalam sistem Shell mesin Mail Server tetapi cukup menghubungi port tertentu dengan mail client yang mengimplementasikan protocol POP3 dan IMAP.
- SMTP ( Simple Mail Transfer Protocol ) , protocol tersebut digunakan sebagai standar untuk menampung dan mendistribusikan email.

Pada Mail Server terdapat 2 Server yang berbeda yaitu :

- Incoming Server ( Receiving Email ) : Protocol server yang menangani adalah POP3 ( Post Office Protocol v3 ) pada port 110 atau IMAP ( Internet Mail Application Protocol ) pada port 143.
- Outcoming Server ( Sending Email ) : Protocol server yang menangani adalah SMTP ( Simple Mail Transfer Protocol ) pada port 25

Berikut penjelasan dari server yang menangani Incoming Email dan Outcoming Email :

SMTP Server : Saat user mengirimkan email maka email si user akan ditangani SMTP Server dan akan dikirim ke SMTP Server tujuan, baik secara langsung maupun melalui beberapa SMTP Server yang ada di jalurnya. Apabila server tujuan terhubung maka email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi  koneksi maka akan dimasukan ke dalam queue dan akan di resend setiap 15 menit , apa bila dalam 5 hari tidak ada perubahan maka akan diberikan Undeliver Notice ke inbox pengirim.

POP3 Server : Jika menggunakan POP3 Server, apabila kita akan membaca email maka email pada server akan di download sehingga email hanya akan ada pada komputer yang mendownload email tersebut ( Kita hanya membaca email tersebut pada device yang mendownload email tersebut ).

IMAP Server : Jika menggunakan IMAP Server , email dapat dibuka kembali lewat device yang berbeda.

Apa sih yang dimaksud Port itu ?

Apabila kita mendengar nama port, maka yang langsung terlintas di pikiran kita pastinya mengira sebuah socket khusus yang biasanya berada disebuah komputer yang berguna untuk menghubungkan kabel atau perangkat tertentu. Hal ini ya..mungkin benar.

Tapi pada dasarnya , port yang saya tau di bagi menjadi 2 jenis bentuk port. Kedua jenis port itu adalah Port Fisik dan Port Logic.

Port Fisik 

Port Fisik adalah port yang kita ketahui secara luas. Port fisik dapat kita rasakan dan dapat dilihat secara fisik. Fungsi utama dari port ini pada umumnya untuk melakukan penghubungan 2 atau lebih komponen yang nyata secara fisik. Misalnya menghubungkan antara komputer dengan router dengan kabel , atau pun perangkat lainnya.

Port Logic

Port Logic bisa dibilang berbeda dengan Port Fisik. Port Logic merupakan jenis port yang tidak dapat dilihat secara fisik , kita tidak dapat sentuh / rasakan secara fisik. Port Logic ini memliki fungsi untuk menghubungkan perangkat melalui Protocol.

Port Pada Jaringan Komputer

Pada sebuah jaringan komputer , port fisik dan port logic , keduanya merupakan jenis port yang digunakan secara bersamaan. Kedua port ini saling berhubungan.

Port Fisik Pada Jaringan Komputer

Port Fisik yang digunakan pada jaringan komputer adalah port pada Ethernet atau Lan Card.

Pord Logic Pada Jaringan Internet

Dalam jaringan komputer banyak sekali port logic , baik itu jaringan LAN , WAN , Internet ataupun jaringan yang menggunakan protocol tertentu. Port Logic pada jaringan internet banyak sekali jenisnya dan fungsinya. Port Logic dalam jaringan terdiri dari Port 0 sampai Port 10000.

Cara Kerja Mail Server Secara Singkat

Proses pengiriman email melalui beberapa tahapan. Saat email di kirim, maka email yang tadi dikirim di simpan pada mail server dan menjadi satu berdasarkan tujuan email. File ini berisikan informasi sumber , tujuan serta tanggal dan waktu pengiriman. Pada saat user membaca email , berarti user telah mengakes server email dan membaca file yang ada dalam server yang akan di tampilan melalui browser.


Sekian dari saya tentang materi Mail Server
Mohon maaf jika ada kesalahan
Terima Kasih


Previous Post
Next Post

0 komentar: