Tuesday, January 31, 2017

Firewall



Selamat datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " Firewall ". Pada postingan sebelumnya saya memposting tentang Queue Simple, Queue Tree dan Mangle pada mikrotik, bagi yang belum tau dan hanya ingin sekedar tau atau ingin mehaminya. Bisa lihat link di bawah ini :




Yak langsung saja...



Firewall



Apa sih yang dimaksud Firewall itu ? Firewall ialah sebuah sistem yang mengizinkan arus lalu lintas jaringan yang dianggapnya aman untuk di lewati dan mencegah arus lalu lintas yang tidak aman atau mencurigakan. 

Sebuah firewall biasanya diterapkan ke dalam sebuah komputer. Firewall ini di ibaratkan seperti pintu gerbang ( Gateway ) antara jaringan local ( Private ) dan jaringan lainnya.

Pada umumnya firewall juga digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapa saja yang mempunyai akses terhadap jaringan local dari pihak luar. Pada saat ini firewall menjadi istilah umum yang menunjukkan pada sistem yang mengatur komunikasi antara dua jaringan yang berbeda, seperti Local dan Jaringan Public.

Mengingat saat ini banyak komputer ataupun laptop yang mempunyai akses ke jaringan internet, maka perlindungan terhadap data - data yang ada dalam komputer ataupun laptop tersebut dari pencuri data, serangan hacker , kejahatan penyadapan dan kejahatan yang lain dalam jaringan internet menjadi hal yang penting.

Jadi bisa dibilang fungsi firewall yang utama ialah untuk melindungi keamanan jaringan komputer dengan memfiltering ( menyaring ) paket data yang masuk dan keluar dalam jaringan komputer. Paket data yang aman di perbolehkan untuk lewat dan paket data yang dianggap mencurigakan atau tidak aman tidak diperbolehkan lewat.

Anggap saja firewall seperti satpam di sebuah gedung adalah sebuah komputer. Jadi begini ada satpam yang menjaga sebuah gedung, dia mempunyai hak untuk membatasi orang yang ingin masuk ke dalam gedung itu. Kenapa satpam tersebut membatasi hak masuk ke dalam gedung ? Karena dia tidak ingin adanya pencurian barang dan kerusakan barang yang ada dalam gedung tersebut. Misalnya tidak ada satpam, bisa saja banyak orang masuk ke dalam gedung tersebut seenaknya dan terjadi hal - hal yang tidak diinginkan seperti pencurian dan lain lain.


Fungsi Firewall



Berikut fungsi - fungsi Firewall...

~ Firewall dapat mengontrol lalu lintas , mengawasi, mengatur dan memfiltering paket data yang boleh di izinkan untuk mengakses jaringan local yang dilindungi oleh Firewall. Firewall bisa melalukan pemeriksaan kepada paket - paket data yang akan melewati jaringan local. Ada beberapa syarat yang dilakukan oleh firewall saat ingin memperbolehkan paket data yang ingin lewat, berikut syaratnya :

1. Alamat IP Address sumber paket data.
2. Alamat IP Address tujuan paket data.
3. Port TCP atau UDP Sumber.
4. Port TCP atau UDP Tujuan.
5. Informasi yang ada di header yang disimpan dalam paket data.

~ Lalu Firewall bisa melakukan autentikasi terhadap hak akses.

~ Firewall ini mampu memeriksa lebih dari header yang ada pada paket data. Jadi kemampuan ini menuntu si Firewall untuk bsia memdeteksi protokol aplikasi tertentu yang lebih spesifik. Contohnya Aplikasi HTTP yang menggunakan port 80.

~ Firewall juga bisa malakukan pencatatan setiap masuknya paket data yang terjadi pada firewall. Ini sangat membantu sebagai pendeteksian akan serangan pihak tidak bertanggung jawab.

Karena Firewall ini sistem keamanan, maka Firewall harus lebih kuat dan kebal dari serangan dari luar. Hal ini berarti bahwa sistem operasi akan relatif lebih aman ketimbang tidak menggunakan Firewall.

Manfaat Firewall

Firewall memiliki beberapa manfaat, yaitu :

~ Mampu mengatur lalu lintas trafik data antar jaringan
~ Bisa mengatur port atau paket data yang di izinkan masuk.
~ Dapat melakukan autentikasi terhadap hak akses.
~ Bisa melakukan pencatatan setiap masuknya paket data yang terjadi.

Cara Kerja Firewall Secara Singkat

Firewall pada fungsinya ialah tembok antara komputer atau pun jaringan kita dengan komputer orang lain ataupun jaringan internet. Firewall di ibaratkan seperti satpam yang menjaga pintu masuk sebuah gedung dan satpam ini menyaring beberapa orang yang ingin masuk ke dalam gedung. Kalau yang tidak terlihat mencurigakan dan aman diperbolehkan masuk dan kalau yang terlihat mencurigakan dan tidak aman tidak diperbolehkan masuk. Ya kurang lebih seperti itu cara kerja Firewall.


Sekian dari saya tentang materi Firewall
Semoga Bermanfaat
Mohon maaf jika ada kesalahan
Terima Kasih



Previous Post
Next Post

0 komentar: