Tuesday, January 24, 2017

FTP dan SFTP



Selamat Datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " FTP dan SFTP ". Pada postingan sebelumnya saya memposting tentang Domain dan Hosting, bagi yang belum tau dan hanya ingin sekedar tau atau ingin memahami. Bisa lihat link dibawah ini :


Ya langsung saja...


Pertama kita bahas dulu FTP...

FTP ( File Transfer Protocol )



Apa sih yang dimaksud dengan FTP itu ? FTP adalah sebuah protocol yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer. Ada dual hal penting yang ada pada FTP, yaitu FTP Server dan FTP Client. 

Dalam pengiriman data yang ada di dalam FTP seperti Download dan Upload file, itu dilakukan oleh FTP Server dan FTP Client. Apa itu FTP Server dan FTP Client ? FTP Server adalah sebuah server yang menggunakan software yang berguna untuk memberikan layanan pengiriman data dimana server itu selalu siap 24 jam memberikan layanan FTP apabila mendapat request dari FTP Client.

Lalu FTP Client adalah Sebuah komputer yang meminta akses ke FTP Server untuk mengambil data ( Download ) atau mengirim data ( Upload ). Setelah si client sudah mendapat akses ke FTP Server, maka si client dapat mendownload, upload, rename , delete dan lain sebagainya sesuai ijin yang diberikan oleh FTP Server.

Sebuah layanan FTP itu bisa kita atur menjadi FTP Public dan FTP Private. Untuk pengaturan FTP Public itu dimana semua orang bisa mengakses data - data yang ada di FTP Server dengan mudah. Selain bisa di atur ke FTP Public,FTP juga bisa di atur ke FTP Private. Maksud private ini sini adalah di atur agar tidak semua orang bisa mengakses data - data yang ada di FTP Server, jadi hanya client user yang terdaftar di FTP Server saja yang memiliki izin untuk mengakses data - data yang ada di FTP Server.

Fungsi FTP 

Fungsi FTP adalah sebagai layanan yang digunakan untuk memudahkan kita saat melakukan pengiriman data upload dan mengambil data ( download ), karena adanya FTP ini kita bisa sharing file kepada client lain asalkan client tersebut bisa mengakses FTP.

FTP juga bisa digunakan sebagi tempat penyimpanan bagi client dan menyediakan transfer data yang terpercaya dan efisien.

FTP menggunakan protocol yang dapat digunakan untuk urusan komunikasi data antara server dan client, yaitu protocol TCP ( Transmission Control Protocol ), FTP sendiri menggunakan port 21.

Jenis Autentikasi User FTP 



Ohh iya...FTP Server mempunyai 2 jenis autentikasi terhadap user yang ingin mengakses FTP Server, yaitu User Authentication dan Anonymous Authentication. Kita bahas dulu user authentication, User Authentication jenis autentikasi FTP terhadap user yang terdaftar di FTP Server. Jadi saat client ingin mengakses sebuah FTP Server, si FTP Server ini meminta username dan password yang sudah terdaftar pada FTP Server. Jadi hanya user tertentu / yang sudah terdaftar pada FTP Server yang bisa mengakses FTP Server tersebut. Jenis autentikasi seperti ini biasanya di pakai oleh FTP Server yang bersifat Private dan biasanya user yang mendapatkan hak penuh terhadap data - data yang ada dalam FTP Server.

Lalu Anonymous Authentication FTP Server, Anonymous Authentication salah satu jenis autentikasi FTP Server terhadap user yang ingin mengakses ke FTP Server. Autentikasi jenis ini memperbolehkan semua orang / orang mengakses FTP Server. Jadi saat si user mengakses FTP, FTP Server langsung memperbolehkan mengakses FTP jadi tidak perlu login terlebih dahulu. Biasanya FTP Server yang menggunakan autentikasi jenis ini bersifat FTP Public. Tapi FTP Server tidak memberikan akses penuh ke user.

Cara Kerja FTP

Cara kerja FTP yaitu saat saat FTP client ingin mengakses FTP Server, FTP Client akan mengirimkan pesan untuk meminta layanan transfer data ke FTP Server. Setelah FTP Client terhubung dengan FTP Server maka FTP Client bisa melakukan transfer data.


Yak...sekarang lanjut ke SFTP


SFTP ( Secure File Transfer Protocol )



SFTP itu kependekan dari Secure File Transfer Protocol. SFTP ini mirip FTP, yaitu suatu protocol yang digunakan untuk urusan pengiriman data dalam jaringan komputer. Tapi bedanya dengan FTP itu metode transfer filenya melalui SSH, jadi saat transfer file lebih aman dibandikan FTP. Port yang digunakan yaitu port 22.

Apa sih SSH itu ? SSH itu kependekan dari Secure Shell. SSH merupakan protocol yang menyediakan layanan berupa sistem komunikasi yang aman di antara host yang bisa di sebut Server dan Client. Saat proses komunikasi, si SSH ini akan mengenkripsi data yang lewat jadi mencegah orang yang ingin mencurinya. Metode enkripsi pada SSH ini untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data saat dikirim.


Sekian dari saya tentang materi FTP dan SFTP
Mohon maaf jika ada kesalahan
Terima Kasih




Previous Post
Next Post

0 komentar: