Monday, January 9, 2017

IP Address dan IP Public



Selamat Datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " IP Address dan IP Public ". Sebelum saya menjelaskan tentang IP Public , kita harus tau yang namanya IP Address. Apa sih yang di maksud IP Address itu ? IP Address adalah sebuah identitas / alamat dari komputer yang berfungsi untuk bisa saling terhubung satu sama lain saat berada dalam satu jaringan komputer.



Lalu di dalam sebuah IP Address terdapat sebuah bagian yang namanya Net ID dan Host ID , berikut penjelasannya :

1. Network ID ( Net ID )

Network ID adalah salah satu bagian dari IP Address yang digunakan untuk menunjukkan sebuah tempat jaringan komputer tersebut berada. Ibaratnya si Net ID ini anggap saja seperti RT atau RW di suatu wilayah. Dan Net ID ini berperan untuk identifikasi suatu network dari network yang lain.

2. Host ID

Host ID adalah salah satu bagian dari IP Address yang digunakan untuk menunjukkan server , router , workstation dan semua host TCP/IP lainnya yang terdapat dalam jaringan tersebut. Host ID di ibaratkan seperti nomor rumah yang suatu wilayah. Host ID ini berperan untuk identifikasi host dalam suatu network. Dan ingat , dalam suatu jaringan si Host ID ini bersifat Unik ( Tidak dapat sama satu sama lain )

Untuk saat ini IP Address dibagi menjadi 2 versi, yaitu :

1. IP Versi 4 ( IPv4 )

IP Versi 4 adalah salah satu versi dari IP Address yang terdiri dari 32 bit yang dapat menampung lebih dari 4 miliar alamat IP Address saja. Untuk memperlambat habisnya stock pemakaian jumlah alamat IPv4 digunakanlah NAT ( Network Address Translation ). Tapi ya karena makin banyak yang menggunakan internet pasti ujung - ujungnya akan habis juga.

2. IP Versi 6 ( IPv6 )

IP Versi 6 adalah salah satu versi dari IP Address yang terdiri dari 128 bit yang dapat menampung lebih banyak dari daya tampung IP Versi 4 yang hanya sekitar 4 miliar alama IP Address saja. Karena semakin banyaknya pengguna internet maka IP Versi 6 ini dibuat agar saat IP Versi 4 stocknya sudah alamatnya habis , maka si IP Versi 6 ini akan bisa di pakai.

Ohh iya , di IP Address dibagi menjadi 2 jenis , yaitu IP Private ( Local ) dan IP Public. Untuk sekarang kita bahas IP Public terlebih dahulu.



IP Public.

Lalu apa sih yang di maksud IP Public itu ? IP Public adalah sebuah identitas / alamat dari komputer yang bersifat Public dan dapat terhubung / terkoneksi dengan jaringan internet / Public Network , dan perlu di ingat juga bahwa IP Public bersifat Unik. Oleh karena itu tidak mungkin ada 2 komputer yang memiliki 1 IP Public yang sama.

Jika IP Public sudah terkoneksi ke internet secara langsung maka IP Public tersebut dapat di akses oleh semua orang. Perangkat yang biasanya menggunakan IP Public adalah Server , Router dan lain - lain.

Kenapa banyak server yang menggunakan IP Public ? Karena agar orang - orang bisa mengakses server tersebut. Tetapi terkadang ada server yang membatasi hak akses tertentu. Banyak juga server yang menggunakan ip private.

Bagaimana cara kita mendapatkan sebuah alamat IP Public ? Cara mendapatkan IP Public tidaklah sembarangan , karena IP Public di atur secara international oleh IANA ( Internet Assigned Numbers Authority ), untuk wilayah Asia Pasifik diwakilkan secara langsung oleh APNIC.( Asia-Pasific Network Information Centre ). Di Indonesia ada sekitar 38 Perusahaan / lembaga yang terdaftar langsung ke APNIC. Di dalam APNIC ada beberapa kategori member , yaitu : Very Large , Extra Large , Large , Medium , Small , Very Small , Accociate. Itu dikategorikan berdasarkan Block IP yang dibeli ( Sewa ). Contoh PT Telkom dan Indosat masuk kedalam kategori Very Large.

Bagaimana caranya agar bisa melihat IP Public kita sendiri ? Caranya cukup sederhana , karena menggunakan Tool Online yang bisa digunakan secara bebas. Seperti http://whatismyipaddress.com/.



Jadi kesimpulannya kita jadi tau bahwa fungsi IP Address sebagai identitas / alamat sebuah komputer dan IP Public berfungsi untuk agar bisa terkoneksi secara langsung ke Internet.


Sekian dari saya tentang materi IP Address dan IP Public
Mohon maaf jika ada kesalahan
Terima Kasih



Previous Post
Next Post

0 komentar: