Thursday, January 12, 2017

DNS Server




Selamat Datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " DNS Server ". Pada postingan yang saya sudah post sebelumnya tentang memahami IP Address , IP Public dan IP Private ( Local ). Bagi yang belum tau dan ingin sekedar tau atau ingin memahami tentang IP Address , IP Public dan IP Private ( Local ) , bisa lihat link postingannya dibawah ini :


Apa sih yang dimaksud DNS Server itu ?

Banyak orang yang bertanya - tanya tentang yang namanya DNS Server. Apa sih yang dimaksud DNS Server itu ? DNS Server adalah sebuah sistem jaringan yang digunakan untuk mengarahkan nama domain kepada alamat IP Address , dan ini juga berlaku untuk sebaliknya juga dari alamat IP Address ke nama domain. Atau bisa juga seperti sebuah sistem server yang menerima permintaan dari client untuk mengetahui alamat IP Address yang di pakai oleh sebuah domain. 

Dalam perkembangan dunia teknologi jaringan internet sekarang ada yang namanya Domain Name System disingkat DNS. Dalam terkonologi jaringan internet sekarang ini, DNS ini merupakan jantung yang sangat berperan sangat penting bagi banyak orang. Setiap kali kita menggunakan jaringan internet dalam kegiatan kita sehari - hari, maka setiap kali itu pula secara enggak langsung kita menggunakan DNS ( Domain Name System ).

DNS ini secara tidak langsung sudah sangat membantu banyak orang ketika mereka berselancar di jaringan internet baik itu browsing, mengirim email, web server, dan sebagainya yang berhubungan dengan menerjemahkan nama domain ke dalam IP Address.

Penggunaan DNS di dalam jaringan internet meliputi banyak hal seperti di atas. Oleh karena itu pengetahuan tentang DNS merupakan hal yang penting yang harus diketahui oleh pengguna jaringan internet.

DNS dapat di ibaratkan seperti penggunaan buku telepon yang dimana ada orang yang ingin kita hubungi. Pertama - tama pasti kita mencari nama orang yang ingin kita hubungi , kemudian kita menemukan sebuah nomor telepon yang akan kita hubungi , baru si telpon menerjemahkan nomor tadi menuju ke orang yang akan dihubungi.

Hal ini terjadi karena komputer itu bekerja bedasarkan angka dan sedangkan manusia lebih cenderung bekerja bedasarkan nama.

Misalkan sebuah domain name nvidia.com mempunyai alamat IP Address 216.228.121.209 , tentu bagi banyak orang lebih mudah mengingat sebuah nama domain dibandingkan mengingat sebuah alamat IP Address. Gak mungkin kita sebagai pengguna internet harus menghafal banyak IP Address sebuah website yang ada di jaringan internet. Oleh karena itu dibuatlah DNS.

Saya akan memberitahu cara melihat IP Address dari sebuah website. Caranya buka CMD terlebih dahulu jika anda menggunakan Windows , kalau anda menggunakan linux buka terminal. Disini saya menggunakan screenshot dari CMD pada Windows , tapi caranya kurang lebih sama seperti di termimal pada os linux.


Jika sudah membuka CMD, masukkan Command ( perintah ) " nslookup ( nama website yang ingin kita ketahui IP Addressnya ".


Kalau sudah memasukkan Command nslookup pada CMD , tekan enter.


Jika anda sudah tekan enter, akan muncul IP Address dari website yang ingin anda ketahui.

Lalu coba kita buka browser dan coba kita masukkan IP Address yang sudah kita lihat tadi. Kalau saya menggunakan alamat IP Address 216.228.121.209 sebagai alamat asli dari website Nvidia. Jika sudah dimasukkan tekan enter.


Nanti akan langsung muncul website aslinya , walaupun kita memakai IP Address.



Jadi disini kita bisa lihat apabila tidak ada yang namanya DNS , kita sebagai pengguna jaringan internet akan kesulitan saat ingin mengakses website. Masa iya , kita harus mengingat banyak IP Address untuk mengakses beberapa website atau mungkin kita harus membuat buku khusus untuk daftar IP Address untuk banyak website. Jadi DNS berperan sangat penting bagi banyak orang dalam penggunaan jaringan internet sehari - hari.



Sekian dari saya tentang materi DNS Server
Mohon maaf apabila ada kesalahan
Terima kasih


Previous Post
Next Post

0 komentar: