Tuesday, January 31, 2017

VoIP ( Voice Over Internet Protocol ) dan NTP ( Network Time Protocol )




Selamat datang di blog saya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang " VoIP ( Voice Over Internet Protocol ) ". Pada postingan sebelumnya saya memposting tentang Firewall, bagi yang belum tau dan hanya ingin sekedar tau atau ingin memahami tentang Firewall. Bisa lihat link di bawah ini :


Yak langsung saja...

Kita bahas dulu VoIP...


VoIP ( Voice Over Internet Protocol )


VoIP ialah singkatan dari Voice Over Internet Protocol. Jadi apa sih yang di maksud dengan VoIP itu ? VoIP ialah suatu teknologi yang memungkintkan kita untuk bisa melakukan komunikasi jarak jauh lewat media jaringan internet. VoIP biasanya di sebut dengan Digital Phone atau IP Telephony. 

Saat kita menggunakan VoIP, sinyal suara yang biasa kita terima dan dengar lewat telepon itu di ubah bentuknya menjadi data digital yang nantinya akan di kirim menjadi paket - paket data yang dikirimkan lewat jaringan internet secara real time.

Pada saat ini banyak gadget yang bisa digunakan untuk berkomunikasi lewat media internet. Contoh penerapan teknologi VoIP yang biasa kita lihat sekarang seperti WhatsApp, Line, Skype dan lain - lain. Kelancaran komunikasinya tergantung dari lancarnya internet atau bandwidth yang di pakai. Semakin besar bandwidth dan lancarnya internet yang dipakai maka semakin bagus dan semakin jernih.

VoIP itu juga punya server, namanya Server VoIP yang bisa dibilang berfungsi sebagai Server penyedia layanan VoIP. Yaitu sebuah komputer yang di pakai untuk menyimpan data system VoIP dan agar VoIP dapat berjalan dengan lancar dan baik. 

Dengan menggunakan VoIP ini kita bisa mendapatkan banyak keuntungan daripada kita memakai telepon konvensional. Jadi saat kita ingin melakukan komunikasi dalam area international ktia bisa menghemat biaya.

Fungsi VoIP

VoIP memiliki beberapa fungsi, yaitu :

~ Signalling

Signalling berfungsi untuk menangkap jaringan yang ingin di tuju, sehingga bisa melakukan komunikasi baik itu telepon maupun pesan.

~ Database Service

Database Server mempunyai fungsi untuk mencari end point ( Tujuan akhir ) yang harus di tuju.

~ Call Connect or Disconnect

Call Connect atau Disconnect berfungsi agar si penerima 

~ Codecs Operation

Codecs Operation berfungsi sebagai  sebagai coder atau decoder yang bisa merubah sinyal suara menjadi sinyal data digital ataupun sebaliknya.


Perbedaan VoIP dan Telepon Biasa ( Konvensional )

Pada jaringan suara biasa ( Konvensional ), telepon itu langsung terhubung ke PABX ( Private Automated Branche Exchange ) atau jika milik Telkom terhubung langsung dengan STO ( Sentral Telepon Otomat ) terdekat. Di dalam STO itu terdaftar nomor - nomor telepon yang disusun secara bertingkat sesuai area cakupannya masing - masing. Jadi apabila ada sebuah telepon yang ingin melakukan panggilan ke pengguna telepon lain, maka tombol tuts yang ditekan pada telepon akan mengirimkan informasi lokasi yang dituju lewat nada - nada DTMF ( Dual Tone Multi Frequency ), kemudian si jaringan akan menghubungkan kedua telepon tersebut secara otomatis.

Itu tadi bentuk pada telepon suara konvensional. Sedangkan bentuk sederhana pada teknologi VoIP ialah adanya 2 buah komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet. Dengan syarat agar bisa berkomunikasi menggunakan VoIP, komputer tersebut harus terhubung ke jaringan internet. Komputer tersebut juga harus mempunyai Sound Card, mikrofon dan speaker agar bisa melakukan komunikasi telepon. 

Dan juga ke 2 komputer tersebut harus di dukung dengan software aplikasi VoIP seperti Skype dan lain - lain, agar ke 2 komputer tersebut bisa berkomunikasi satu sama lain dengan menggunakan VoIP.

Protocol Pada VoIP

Dalam jaringan komputer VoIP ini menggunakan port dari 5060 dan 5061. VoIP menggunakan beberapa protocol dalam penggunaan, berikut protocolnya...

~ H.323 
~ MGCP ( Media Gateway Control Protocol )
~ SIP ( Session Initation Protocol )
~ SDP ( Session Description )
~ IAX ( Inter Asterisk Exchange )

VoIP ini pasti mempunyai Kelebihan dan Kekurangan, berikut kelebihan dan kekurangannya :


Kelebihan VoIP

~ Biaya yang murah, walaupun melakukan panggilan international sekalipun.
~ Menggunakan infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk audio ( Suara ).
~ Penggunaan bandwidth yang lebih kecil dibandingkan pada telepon konvensional.
~ Memungkinkan untuk digabung dengan jaringan telepon local yang sudah ada.
~ Variasi pemakaian perangkat yang ada, seperti Komputer ke telepon biasa.

Kekurangan Voip 

~ Ada sedikit jeda saat berkomunikasi.
~ Tidak ada jaminan kualitas jika VoIP lewat jaringan internet.
~ Berpotensi jaringan terhambat.


Ya...sekarang ke penjelasan singkat ke materi NTP...


NTP ( Network Time Protocol )


NTP merupakan singkatan dari Network Time Protocol. NTP ialah sebuah mekanisme atau protocol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi terhadap penunjuk waktu ( Jam ) dalam sebuah sistem komputer dan jaringan. Sinkronisasi ini proses di dalam jalur komunikasi data yang biasanya menggunakan protocol komunikasi data TCP / IP jadi proses sendiri dapat dilihat sebagai proses komunikasi data biasa yang hanya melakukan pertukaran paket - paket data saja.

NTP menggunakan UDP pada port 123 sebagai lapisan transport. NTP bekerja dengan menggunakan algoritma Marzullo yang menggunakan referensi skala waktu UTC ( Universal Time Coordinate ). NTP biasanya mendapatkan perhitungan waktunya dari sumber waktu yang terpercaya seperti atomic clock yang terhubung dengan sebuah Time Server. 

NTP ini akan mendistribusikan perhitungan waktu yang cukup akurat ini ke dalam jaringan lain.


Sekian dari saya tentang materi VoIP dan NTP
Semoga bermanfaat
Mohon maaf jika ada kesalahan
Terima Kasih


Previous Post
Next Post

0 komentar: